Mengintip Sejarah Gasing

Standard

Image

gasing jepang-wikiimage

Permainan khas masyarakat agraris

Masih ingat gasing? Gasing adalah mainan tradisional yang dikenal turun temurun. Dikutip dari Sejarawan Muda JJ Rizal, menurut berbagai hasil temuan arkeologi, gasing adalah salah satu jenis permainan tertua di nusantara yang masih ada hingga kini. Penyebaran gasing sangat luas, terutama di benua Asia. Gasing adalah permainan khas masyarakat agraris di Asia Tenggara yang pada mulanya dimainkan sebagai bagian dari ritual pasca panen.

Di dunia budaya melayu, termasuk di tanah Jawa, putaran gasing digunakan untuk membaca masa mulai bertanam padi yang tepat, Hal ini dipercaya sebagai penentu keberhasilan panen. Gasing dengan gaung yang merdu dianggap pemanggil dewi padi untuk merestui hasil panen dan merestui masa bertanam kembali.

Image

gasing nusantara- wikiimage

Gasing nusantara

Gasing memiliki banyak nama dalam banyak etnik di Indonesia, seperti; gasingan, pathon, panggal dan lain-lain. Permainan gasing tertua adalah bergaung yang di tanah Jawa disebut sebagai gasing sowangan. Gasing sowangan bisa dimainkan sendiri atau berkelompok untuk mendapatkan efek gema gaung yang kuat. Sejalan dengan waktu berkembang pula jenis gasing aduan yang dimainkan sedikitnya oleh 6 orang. Gasing aduan ini memiliki aturan bermain tersendiri. Sebelum dimulai para pemain menentukan luas arena berbentuk lingkaran, gasing yang paling banyak menjatuhkan gasing-gasing lain dan tetap berputar sampai paling terakhir akan menjadi pemenang.

Local Wisdom

Kegiatan bermain dalam masyarakat tradisional merupakan proses transfer nilai dan belajar. Seperti permainan nusantara pada umumnya bermain gasing adalah sarana untuk meningkatkan persaudaraan, mengasah sportivitas, ketangkasan dan kreativitas. Dalam permainan gasing, terdapat juga nilai cinta lingkungan terkait dengan proses belajar mengenal dan menghargai jenis -jenis kayu dan bambu yang baik untuk pembuatan gasing. Sambil bermain dan membuat gasing anak-anak nusantara belajar untuk menghargai alam. Sebuah laporan pada masa kolonial bahkan menyebutkan bahwa cara bermain gasing sempat dijadikan medium untuk pendidikan politik raja-raja Jawa.

Tertarik untuk mengenal gasing lebih dalam? Komunitas Maen Nyok! Akan mengadakan acara maen gasing bareng pada Hari Sabtu, 14 September 2013. Selain main bareng akan ada workshop cara membuat gasing dan story telling mengenai sejarah gasing oleh sejarawan dan budayawan muda JJ. Rizal

Acaranya gratis. Informasi dan pendaftaran melalui MaenNyok@gmail.com atau Facebook event di link berikut http://www.facebook.com/events/237794563035398

2 responses »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s