Nasib, saya, dan Site

Standard

Site, begitu ia biasa dipanggil. Nama lengkapnya Siti Maesaroh.

 “aku lahir di bogor tanggal 25 April. Bapak asli bogor, ibu sukabumi, jadi aku masuknya Sunda kali ya? Hehhehe..”

“aku anak ke 8 dari 9 bersaudara, tapi adikku sudah meninggal sejak bayi, jadi hitungannya aku jadi kaya anak bungsu. yang ada sekarang suadaraku hanya 5. hitungannya dengan aku jadi 6.”  Katanya menjelaskan.

Blasteran Bogor-Sukabumi ini mengganggap kota Jogjakarta sebagai “rumah” baginya. Ya, kota ini mempunyai tempat khusus di hatinya.

Site pergi ke Jogjakarta untuk menjalani studi di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Gajah Mada jurusan hubungan internasional, sempat bekerja di sebuah perusahan penerbitan dan bertemu bakal suaminya disana. Site menetap di Jogjakarta selama 5 tahun.

Setelah itu kembali ke Jakarta dan memulai karier di kota ini. Site bekerja di komnas perempuan sejak 2008. Saat ini berposisi sebagai koordinator untuk partisipasi masyarakat yang dari penjelasanannya mengenai tanggung jawab terkait kegiatan kampanye publik, hubungan dengan media, dengan masyarakat, mengelola media internal seperti publikasi dan website, bisa saya simpulkan sebagai tugas seorang humas.

Site adalah seorang pekerja keras, hal tersebut tidak terbantahkan. Tidak suka menunda pekerjaan dan berusaha melakukannya dengan sempurna. Site, senang menulis dan dari beberapa tulisannya yang saya baca saya merasa tulisan-tulisan tersebut memiliki “nyawa” memikat dan mengajak pembacanya untuk merenung.

Selain pekerjaan, keluarga adalah hal yang sangat berarti bagi Site.

“aku selalu mengaggap, suamiku adalah hal terbaik yang pernah terjadi dalam hidupku. jadi keluarga, anakku, juga merupakan kebaikan terusannya. aku tak bisa membayangkan apa jadinya hidupku tanpa suami, dan anakku saat ini. kurasa mungkin juga akan hilang seluruh kebahagian hidupku”

“Sayang ya jika mendengar pasangan berpisah, aq februari kmarin baru hut pernikahan yang ke-5rasanya seperti mustahil jika aq dan suamiku suatu saat ada kemungkinan pisahmungkin memang benar kata orangnya, pernikahan yang baik akan membawakan surga ke dunia, sebaliknya akan membawa neraka”

Duh! Pernyatanyataan yg dalam dan sekaligus agak mengagetkan saat keluar dari mulut seorang pejuang kesetaraan jender. Di benak saya muncul potret keluarga kecil Site yang bahagia… saya sungguh-sungguh  mencoba membayangkan.

Saat ditanya mengenai bagaimana membagi waktu antara pekerjaan dengan keluarga, lagi-lagi Site menjawab betapa dukungan keluarga membuatnya bisa bertahan dan menjalani semuanya dengan sepenuh hati.

“mungkin juga karena suami dan anakku yang baik-baik itu yang menjadi dukungan aq banyak mendahulukan kerja dari pada keluarga. sekali lagi sampai pada level tertentu.”

Ada cerita lucu mengenai bagaimana kami bertemu. Lucu, karena 2 kali kami dipertemukan secara tidak sengaja. Keduanya karena minat dan misi kami yang bersinggungan.

Jika boleh saya katakan, nasib sudah mempertemukan kami.

Apalagi kalau bukan nasib?

Pertemuan pertama adalah pertemuan kata-kata, Site mengirim email minta dikirimkan modul seminar “Breaking The Silence on Rape & Sexual Abuse” yang diadakan komunitas Saya Lentera Indonesia, karena Site berhalangan hadir memenuhi undangan.

Pertemuan kedua, di kelas narasi yang saat ini kami ikuti bersama. Kelas yang diikuti beragam orang dari latar belakang yang berbeda dari berjuta penduduk Jakarta, kami dipertemukan lagi di kelas tersebut.

Jika memang nasib yang mempertemukan kami, semoga nasib juga akan menjaga semangat kami untuk menjalankan misi kami dalam hidup ini.

About Rhesya

Simple person, with simple Ideas of life… Social media enthusiast, Pro Bhineka Tunggal Ika, Works for www.majalah-historia.com , Actively involved in Lentera Indonesia or @LenteraID on twitter, A Support Group For Rape and Sexual Abuse Survivor. I believe #RapeIsNotAJoke and Indonesia would be better without FPI

5 responses »

Leave a Reply

