Museum nowadays…

Standard

100_0600 Ceritanya barusan minggu kemaren, eh ga sampe satu minggu sih, tepatnya hari Sabtu, 15 Desember 2007 gue jalan- jalan ke museum nasional. Sepertinya museum ini bener-bener layak untuk di jadikan percontohan untuk museum-museum lain di Indonesia. Secara manajemen museum, display dan lain-lain.

Kesan boring yang identik dengan museum musnah sudah begitu kita menginjakkan kaki di dalam gedung Museum Nasional.

Ok, alkisah museum ini terdiri dari dua bangunan, bangunan pertama yang udah ada sejak jaman kolonialisme, di bangun pada tahun 1862 yang  walaupun sudah di resmikan pada tahun 1868 tapi secara institusi, tahun lahir museum ini adalah tahun 1778 di sebut gedung gajah.

Kenapa di namakangedunggajah?  karenapadatahun 1871 museum kitatercintainimendapathadiahpatunggajahdari raja thailand yang bernama “raja culalongkorn” dan patungitusampaidetikinimasihberdiridengankokohnya dan menjadimaskotdarigedung lama tersebut.. ( yo’àll can see the elephan at the 1st picture ). Something to be noted, begitumenginjakkankaki di dalamgedunggajahkitabener-bener di manjakandenganbanyaknya angle-angle artistikdaripeninggalankhasanahnusantara ( Sumpahbagusssbanget ! )

Bangunan kedua namanya gedung arca, tempatnya terorganize dgn baik dan more likely a mall than a museum..Ruangannya ber-AC, ada lift yang bisa mengantar kita ke semua lantai, ada art shop yang memungkinkan kita untuk membeli cenderamata, ada juga Asean corner yang isinya replika ‘masterpiece’ bangunan-bangunan eksotik dari segala penjuru asean.. ada multimedia area juga yang memungkinkan kita untuk mengakses internet, ada coffe shop, yang not so bad lah buat  kita beristirahat dan kongkow-kongkow bareng .

All in all tempat ini sangaet representative untuk hang out dengan teman, atau nge-date ( konon katanya di western sono ngedate di museum juga merupakan salah satu alternative utama, kamu juga bisa mulai ngelakuin hal ini, especially at first date dimana semua orang berusaha terlihat smart.. dan art lovers .. hehehhe ..).

Selain bisa menikmati time traveling ke masa lalu, menyusuri peninggalan sejarah & budaya, di gedung arca museum nasional biasa juga di adakan pameran-pameran yang beragam dan umum sifatnya, seru ya? dalam satu kunjungan banyak sekali atraksi yang bisa dinikmati.

PS. Kalo ada info yang bisa di tambahin “monggo” gue legowo dan terbuka untuk semua saran, karena apa yang tertulis di sini kemungkinan besar cuma berisi hal2 yang catchy di mata seorang Rhesya saja yang sudah
pasti ada banyak kekurangan di dalam100_0586_1nya…

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s